multi level marketing terbaru

Multi level marketing terbaru adalah strategi bisnis lama yang sering diperdebatkan. Dalam postingan kali ini, kita akan melihat apa itu MLM, jenis dan cara kerjanya.

MLM, atau pemasaran berjenjang, adalah strategi bisnis di mana perusahaan mempromosikan dan menjual produk atau layanannya melalui jaringan distributor independen.

Distributor bertanggung jawab tidak hanya menjual barang kepada konsumen akhir, tetapi juga merekrut orang lain untuk bergabung dengan perusahaan, sehingga menghasilkan jaringan yang terus berkembang. Mereka menerima komisi dari penjualan yang dilakukan oleh anggota yang mereka rekrut, serta penjualan yang direkrut oleh anggota mereka.

Gagasan dasar ini menghasilkan struktur berjenjang yang menyerupai piramida. Selain penjualan, merekrut anggota baru adalah prioritas utama MLM, yang membedakannya dari model bisnis lainnya.

Keuntungan utama multi level marketing terbaru adalah potensi penghasilan yang tinggi dan kebebasan waktu, namun ada juga bahaya kegagalan yang besar, sehingga diperlukan studi mendalam sebelum terlibat dalam bisnis MLM.

Jenis-jenis Multi Level Marketing Terbaru

Setiawan (2017) mengidentifikasi beberapa jenis multi level marketing (MLM). Berikut adalah bentuk MLM yang paling umum digunakan di seluruh dunia:

1. Sistem Binary Plan

Sistem binary plan adalah jenis MLM yang menekankan pertumbuhan jaringan dua leg atau dua lini. Besarnya bonus tergantung pada seimbangnya jaringan ini. Jika tidak seimbang, bonus bisa mengalir kembali ke perusahaan.

Banyak perusahaan di Indonesia yang mengadopsi multi level marketing terbaru ini, yang memungkinkan pertumbuhan pesat dan kompensasi besar bagi mitra. 

Baca juga  9 Langkah Sukses di MLM: Mudah Menarik Anggota Baru!

Untuk mempermudah penerimaan intensif, mitra sering kali meniru kriteria perekrutan mitra lain, sehingga menghasilkan dana sebagai bonus, yang menyerupai sistem perekrutan yang lebih halus.

2. Sistem Matrix

MLM dengan desain matriks membatasi pengembangan jaringan hingga tiga frontline saja. MLM ini muncul untuk melawan persepsi buruk terhadap Sistem binary plan, yang dianggap sebagai permainan uang.

3. Sistem Break Away

Dalam multi level marketing terbaru break away, pertumbuhan jaringan memprioritaskan variasi. Bonus mitra akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah frontline. Namun, dalam sistem ini, agen harus mengendalikan semuanya sendiri. Cara ini juga memungkinkan downline mengungguli upline-nya.

Mitra sering kali mendapatkan bonus awal yang kecil, yang dapat meningkat seiring mereka naik level. Perusahaan yang menggunakan model MLM ini sering memberikan insentif bonus rekrutmen karena bonus awalnya kecil.

Cara Kerja dan Sistem MLM

cara kerja multi level marketing terbaru
Source: Freepik

Secara garis besar, ada beberapa tahapan dan cara kerja yang perlu dipahami dalam sistem MLM. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Pendaftaran

Langkah pertama dalam multi level marketing terbaru adalah registrasi. Untuk menjadi distributor MLM, kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke perusahaan MLM tertentu. Pendaftaran ini mungkin memerlukan pembelian bundel produk di awal atau membayar biaya pendaftaran. Setelah registrasi, kamu akan menjadi anggota dari jaringan MLM.

2. Penjualan Produk

Distributor MLM bertanggung jawab untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen akhir. Mereka mendapat komisi atas penjualan ini. Keberhasilan dalam penjualan produk sangat penting dalam mendirikan perusahaan MLM.

3. Rekrutmen

Selain menjual barang, distributor juga diharuskan menarik anggota baru ke dalam perusahaan. Mereka akan mendapatkan komisi dari penjualan yang dilakukan oleh anggota yang mereka rekrut. Hal ini menghasilkan struktur berjenjang yang khas dari MLM.

Baca juga  MLM Business Plan: Yuk Kenali Lebih Dalam!

4. Membangun Jaringan

Tujuan utama dari MLM adalah untuk membangun jaringan yang besar. Potensi pendapatan distributor meningkat seiring dengan banyaknya anggota yang berhasil direkrut dan jaringannya semakin aktif dalam menjual barang. 

Distributor yang berada di puncak struktur ini biasanya menerima komisi lebih banyak karena jaringan yang mereka kembangkan. Saat menjalankan bisnis MLM, penting untuk melakukan penelitian mendalam, memahami persyaratan, dan menetapkan ekspektasi yang masuk akal. Cek informasi mengenai Marketing lainnya disini.

Keputusan untuk terjun di multi level marketing terbaru ini harus dipelajari secara matang dan didasari oleh tujuan dan kemampuan individu, semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go