sistem binary mlm

Sistem binary MLM adalah sistem rekrutmen dimana maksimal dua orang membentuk dua kaki atau frontline langsung. Pemilik bisnis MLM sering menyebut strategi binary ini sebagai KKS (Right Left Balanced), yang merupakan akronim dari binan kanan dan kiri.

Bisnis MLM sendiri memiliki berbagai macam sistem rencana pemasaran, dan hampir setiap perusahaan MLM memiliki sistem rencana pemasaran yang unik. Sistem binary muncul sebagai hasil revisi yang bertujuan untuk menciptakan pasar atau peminat baru.

Sistem binary MLM ini pertama kali muncul pada tahun 1990an, dan banyak orang secara keliru mengaitkannya dengan money game dan skema piramid. Namun, apa kelebihan dan kekurangan utama sistem binary ini? Berikut penjelasan selengkapnya untuk kamu.

Kelebihan Sistem Binary MLM

kelebihan dan kekurangan sistem binary mlm
Source: Pinterest

1. Mempermudah dalam mengelola bisnis

Bergabung dengan perusahaan menggunakan sistem binary mungkin mudah. Jika bergabung, kamu tinggal mencari downline baru dengan melakukan presentasi.

2. Prosesnya sederhana dan cepat

Jika kamu menggunakan dan bergabung dengan perusahaan MLM menggunakan sistem binary, tidak perlu membuang banyak waktu. Kamu cukup membayar biaya pendaftaran atau keanggotaan minimal yang sudah ditentukan.

Biaya ini berlaku seumur hidup, jadi kamu hanya perlu membayar satu kali saja. Selain itu, kamu harus berbelanja produk tertentu. Namun, beberapa MLM meminta anggotanya membayar biaya keanggotaan daripada harus membeli produk.

3. Bonus diterima sangat cepat

Keuntungan lain dari Sistem Binary MLM adalah, bonus diperoleh segera ketika ada anggota baru yang bergabung, sehingga tidak perlu menunggu pembelian ulang dan mencegah upline menjadi bingung.

Baca juga  Contoh Bisnis MLM Dan Ciri-Ciri yang Baik di Indonesia

Tentu saja hal ini tergantung pada keadaan pribadi atau kelompok. Manfaatnya bisa dimaksimalkan dengan menambahkan satu titik baru di kanan dan kiri.

4. Peluang Penghasilan Besar

Salah satu alasan mengapa bisnis MLM di seluruh dunia mengadopsi metode binary adalah, potensi keuntungan yang lebih tinggi. Komisi dan pembayaran tersebar dalam rasio yang sudah ditentukan berdasarkan pasangan yang ditempatkan di jaringan.

Selain itu, kamu diberikan banyak penghargaan dan bonus untuk mencapai tujuan, yang tentu saja memperluas jaringan. Komisi royalti adalah kompensasi premi yang diberikan kepada distributor yang berperan penting dalam perluasan jaringan, dan sering kali didasarkan pada omset perusahaan.

5. Jaringan spill

Keuntungan lain dari Sistem Binary MLM adalah jaringan spill, yang banyak digunakan distributor untuk merekrut calon karyawan baru.

Sebagai anggota jaringan spill, jika kamu ditempatkan di bawah pengawasan upline yang aktif dan sukses, maka akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja dan merasa lebih sedikit beban saat bekerja.

Kekurangan Sistem Binary

1. Spillover

Jadi, Spillover adalah keuntungan dari sistem binary, namun bisa menjadi kelemahan atau kerugian yang besar. Kesalahan paling umum yang dilakukan distributor adalah, hanya mendaftar dan percaya bahwa downline mereka akan bertambah karena melimpahnya upline. 

Mereka percaya, atau sudah diberitahu, bahwa merekrut upline mereka akan menghasilkan downline yang lebih besar.

2. Flushing

Keseimbangan sangat penting dalam sistem binary. Karena paket tersebut membayar kurang dari 2 poin volume. 

Jika tidak memenuhi jumlah yang diperlukan, kamu tidak hanya akan kehilangan komisi, tetapi semua poin yang sudah dikumpulkan hingga saat itu, sebuah proses yang dikenal sebagai “flushing”.

3. Kelebihan budget bonus 

Salah satu kekurangan metode Sistem Binary MLM adalah, budget bonus tambahan, yang sering disebut overpay. Sayangnya, banyak organisasi yang tidak menyadari hal ini, dan akibatnya kelangsungan perusahaan akan berakhir.

Baca juga  Etos Kerja MLM: Ini Dia Nilai Positif dan Negatifnya!

4. Kamu sepenuhnya bertanggung jawab untuk membangun kaki bagian dalam

Kekurangan selanjutnya dari Sistem Binary MLM adalah kamu bertanggung jawab penuh untuk membangun kaki bagian dalam. Jika ditempatkan di kaki seseorang, satu-satunya pilihanmu adalah membangun dari spillover, yaitu dari satu orang.

Bagaimana sudah paham mengenai kelebihan dan kekurangan dari Sistem Binary MLM? Baca juga informasi Multi Level Marketing lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go