digital branding adalah

Digital branding adalah strategi pemasaran yang fokus pada menciptakan dan memperkuat citra merek secara online.

Digital branding adalah teknik pemasaran yang berfokus untuk membangun dan meningkatkan citra merek secara online. Tujuannya untuk mengenalkan merek di dunia maya, sehingga konsumen bisa mengenali dan mengingat merek tersebut. Hal ini melibatkan segala aspek yang terkait dengan identitas dan nilai merek yang ditampilkan secara digital.

Dalam dunia e-commerce, digital branding sangatlah penting karena persaingan pasar online mengharuskan pemilik bisnis bekerja lebih keras untuk menonjol dan menarik perhatian konsumen. Dengan strategi digital branding yang tepat, tentu dapat meningkatkan kepercayaan, loyalitas konsumen, dan pada akhirnya mendapatkan pendapatan.

Digital Branding Adalah: Penerapan Digital Branding Secara Tepat

Ada beberapa cara untuk menerapkan strategi digital branding yang tepat, diantaranya adalah:

1. Ciptakan Logo Bisnis

Buatlah logo yang melambangkan perusahaan dan mudah diingat orang. Misalnya seperti logo Apple dengan gigitan apel dan “tanda centang” pada sepatu Nike.

Sebuah logo harus mencerminkan kepribadian dan cita-cita perusahaan, industri, dan audiens target. Logo yang kuat tidak harus mencolok, namun bisa menciptakan kesan dan mudah diingat. Ingatlah bahwa setiap hari audiens akan melihat lusinan logo dari setiap bisnis di internet.

2. Buat Website Bisnis

Digital branding adalah cara untuk menjangkau audiens melalui internet. Untuk itu, buatlah situs bisnis sebagai ajang etalase digital.

digital branding adalah dan solusinya
Source: Freepik

Ketika klien ingin mengetahui alamat fisik, jam operasional, daftar produk, atau informasi kontak, mereka tidak akan menggunakan buku telepon. Mereka akan mencari website di mesin pencari seperti Google, di mana mereka berharap mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.

Baca juga  Marketing Generasi Z: Cek Strategi Ampuhnya Disini!

3. Brand Messaging

Brand messaging adalah pesan yang ingin diungkapkan dan bagaimana kamu mengkomunikasikannya kepada calon konsumen. Pesan harus mewakili misi dan keyakinan perusahaan sekaligus menyampaikan kebutuhan dan keinginan konsumen secara efektif. Pesan merek yang baik dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang dilakukan bisnismu?
  • Apa yang bisnis kamu perjuangkan?
  • Mengapa bisnis tersebut sangat penting?

Brand messaging mencerminkan prinsip-prinsip penting sebuah perusahaan. Tanpa nilai-nilai dasar, suatu perusahaan akan kehilangan arah.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Digital branding adalah cara untuk memaksimalkan SEO. SEO (Search Engine Optimization) sendiri dapat membantu brand mu muncul di mesin pencari, yang merupakan salah satu cara utama pembeli mencari layanan. Mulailah mengembangkan situs web milikmu dengan mempertimbangkan SEO. 

Gunakan alat pencarian kata kunci seperti Ubersuggest, Ahrefs, SEMrush, atau Keywordtool untuk menemukan kata-kata yang sering dicari lalu digunakan sebagai copy, serta untuk memastikan bahwa skema website (kode situs web yang mengidentifikasi data di halaman dan tag meta (potongan teks yang menggambarkan halaman konten) dioptimalkan mesin pencari.

5. Content Marketing

Saat ini tidak cukup jika hanya menggunakan iklan sebagai strategi marketing. Untuk memenangkan hati pelanggan dan membuat mereka tetap menggunakan produk mu, maka kamu harus terlibat secara langsung.

Dalam hal ini, content marketing memainkan peran penting. Jika digital branding berkonsentrasi pada penjualan, content marketing harus menekankan interaksi melalui foto, video, dan bahkan blog. Content marketing yang sukses harus meningkatkan kesadaran merek dan membuat orang tertarik dengan produk dan message mu.

Hal ini meningkatkan kepercayaan antara brand dan pengguna, sekaligus bertujuan untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dan bermanfaat. Meskipun digital branding memperkenalkan pelanggan ke brand mu, content marketing yang efektif harus mempertahankan perhatian mereka, mengubah pengguna satu kali menjadi pengikut setia.

Baca juga  Tips Rencanakan Digital Marketing: Efektif Banget Guys!

Itu dia informasi penting melalui digital branding. Melalui unsur strategi mulai dari logo, website, brand message, content marketing, kamu dapat memahami strategi apa yang menaikkan brand image di mata publik, yuk baca informasi marketing lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go