influencer marketing adalah

Influencer marketing adalah jasa yang ditawarkan oleh influencer online untuk memasarkan produk atau layanan sebuah bisnis.

Influencer marketing adalah jasa yang ditawarkan oleh influencer online untuk mempromosikan suatu produk dan layanan perusahaan. Seorang influencer dapat mempengaruhi calon konsumen dengan mempromosikan atau menganjurkan suatu produk atau layanan di media sosial.

Tujuan influencer marketing yaitu meningkatkan keakraban dan kesadaran merek. Hal ini karena influencer memiliki hubungan emosional yang mendalam dengan audiensnya. Akibatnya, mereka dapat mempengaruhi selera dan perilaku audiens sasarannya.

Apalagi kini tren e-commerce di Indonesia sangat bergantung pada iklan promosi media sosial dan ulasan influencer. Strategi marketing ini menjadi salah satu variabel terpenting yang mempengaruhi pilihan pembelian online konsumen.

Influencer Marketing Adalah: Bagaimana Tips Memilih yang Tepat untuk Bisnis?

influencer marketing adalah
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui influencer marketing adalah seseorang yang berpengaruh di media sosial, maka kamu juga harus tahu tips dan cara memilihnya, yaitu:

1. Pilih Nilai Produk yang Akan Ditonjolkan

Manfaat utama influencer marketing adalah brand awareness. Artinya, kamu harus memahami bagaimana produk atau merek milikmu dibandingkan kompetitor. Terlebih nilai ini akan dijadikan acuan untuk strategi pemasaran di masa depan seperti pembuatan konten, identifikasi target pasar, dan lain-lain.

2. Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Setelah menentukan nilai produk, kamu bisa memutuskan tujuan atau sasaran yang ingin dicapai. Kamu juga perlu memutuskan sektor pasar mana yang ingin di bidik. Hal ini memudahkan kamu untuk maju ke langkah berikutnya.

Baca juga  Cara Promosi di Instagram yang Akurat, Dijamin Cuan Terus!

3. Buat Daftar Influencer

Influencer marketing akan diklasifikasikan ke dalam berbagai bentuk berdasarkan jumlah pengikut. Dari situ, kamu bisa mengetahui dengan siapa akan bekerja. Untuk mempermudah, susunlah daftar influencer. Selanjutnya, carilah sosok yang dapat mewakili perusahaan dan mempunyai kesan baik.

4. Buat Konten Berkualitas

Beberapa influencer marketing adalah akan menanyakan jenis konten apa yang akan mereka promosikan. Artinya, kamu harus menjamin bahwa konten yang dibuat berkualitas baik sehingga bisa menarik followers dan berdampak positif pada brand milikmu.

Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan Influencer Marketing?

Influencer marketing akan membantu organisasi agar berhasil melaksanakan strategi pemasaran digital. Strategi pemasaran ini mempermudah membangun brand awareness dan customer trust. Selain itu, masih ada alasan mengapa sebuah perusahaan harus bekerja sama dengan influencer, berdasarkan statistik influencer marketing adalah:

  • Pada tahun 2021, influencer marketing berkembang menjadi $13,8 miliar.
  • Bisnis mendapatkan kembali $5,78 untuk $1 yang diinvestasikan pada influencer marketing.
  • Pencarian kata kunci “influencer marketing” di Google meningkat sebesar 465% sejak tahun 2016.
  • 90% responden survei percaya bahwa influencer marketing adalah strategi pemasaran yang sukses.
  • Hampir 49% konsumen melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi influencer.

Contoh Tren Influencer Marketing

Berikut ini beberapa contoh tren terkini dalam influencer marketing adalah:

1. Konten Video

Video menjadi platform populer untuk influencer marketing. YouTube, TikTok, dan Instagram Reels menjadi platform populer bagi influencer untuk menyampaikan konten video yang menarik dan lucu.

Bekerja dengan influencer marketing untuk mengembangkan konten video dapat membantu merek menjangkau audiens yang lebih besar dan terhubung dengan cara yang lebih visual.

2. Live Streaming

Live Streaming adalah tren yang berkembang dalam influencer marketing. Influencer dapat berkomunikasi dengan penggemarnya secara real time melalui live streaming di platform seperti Instagram, Facebook, dan YouTube.

Baca juga  Ciri Ciri Skema Ponzi: Cek Agar Terhindar dari Penipuan!

Upaya ini memberikan peluang bagi merek untuk berkolaborasi dengan influencer dalam acara live streaming, memperkenalkan produk secara langsung, atau menyampaikan pesan merek kepada audiens.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa influencer marketing adalah seseorang yang dapat meningkatkan brand awareness, menjangkau target audiens, meningkatkan penjualan, dan menambah kepercayaan konsumen, yuk simak artikel marketing lainnya disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go