mengenal apa itu referral

Mengenal apa itu referral adalah tindakan yang dilakukan pelanggan untuk merekomendasikan layanan atau produk yang ditawarkan suatu bisnis.

Pada dasarnya referral dapat didefinisikan secara berbeda-beda, namun pembahasan kali ini akan fokus pada referral di bisnis online paid to click (PTC). Jadi, apa itu referral? Suatu metode dimana kamu merujuk orang lain untuk mengunjungi atau mendaftar di salah satu situs yang disediakan. 

Di website PTC, promosi biasanya berupa banner atau text link yang menggunakan kode script. Jika orang yang kamu undang mendaftar menggunakan link referral yang disertakan, kamu akan menerima keuntungan berupa komisi.

Mengenal Apa Itu Referral dan Jenisnya

Mengenal apa itu referral, terdapat dua macam referral dalam dunia PTC yaitu referral langsung dan referral sewaan. Selain itu ada juga yang dimaksud link referral. Apa itu? Yaitu URL situs web yang ditawarkan oleh pemilik situs kepada penggunanya.

mengenal apa itu referral
Sumber: Freepik

Tujuannya adalah untuk membagikan link tersebut kepada orang lain, baik itu teman atau sembarang orang. Selanjutnya mari kita bahas dua jenis referral yang sudah disebutkan tadi:

1. Direct Referral

Direct referral atau referral langsung artinya mendaftar di situs web tertentu menggunakan tautan rujukan yang diberikan oleh orang lain. Misalnya, ketika seorang teman membagikan link referral di media sosial dan kamu ingin mendaftar di situsnya. Artinya, kamu menjadi referral temanmu, dan dia menjadi sponsor mu (upline).

Referral jenis ini tidak dikenakan biaya karena mekanismenya berjalan secara otomatis. Atau bisa dikatakan bahwa pemilik melakukan tugas tersebut dan kamu akan menerima pembayaran. Namun, kamu bisa menghapus jika referral tersebut tidak lagi menghasilkan pendapatan atau komisi untuk mu.

Baca juga  Skema Ponzi Adalah: Ciri dan Cara Kerjanya!

2. Rented Referral

Berbeda dengan direct referral, mengenal apa itu referral rented adalah mereka yang berkeinginan menjadi member dengan cara mendaftar pada situs PTC tertentu tanpa menjadi referral orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik situs akan menyewakan referral kepada anggota dengan harga tertentu.

Karena referral ini membutuhkan biaya, kamu harus berhati-hati dan mengawasi secara cermat. Anggaplah sistem ini sebagai karyawan yang dibayar untuk menghasilkan pendapatan. Artinya, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus mengelolanya dengan baik.

Keuntungan Referral

Mengenal apa itu referral, artinya adalah mengajak orang lain untuk bergabung atau membeli sesuatu di situs yang disarankan. Adapun manfaat dari referral seperti:

1. Komisi Pembelian

Ketika referral kamu melakukan pembelian di website PTC yang mereka ikuti, kamu akan menerima komisi berdasarkan jenis keanggotaan. Komisi yang dikumpulkan berkisar antara 1% hingga 10%, tergantung situs PTC yang di ikuti. Perlu kamu pahami bahwa tidak semua PTC menggunakan perhitungan komisi yang sama.

2. Komisi Upgrade

Ketika ada referral kamu yang meningkatkan akun mereka, kamu akan menerima komisi. Namun, jumlahnya tergantung pada jenis keanggotaan yang ada.

3. Komisi Klik dari Referral

Komisi ini sangat diunggulkan di kalangan member website PTC. Pasalnya, komisinya berbeda dengan komisi konvensional, di mana kamu akan menerima uang setiap kali referral mu mengklik iklan.

Akan tetapi, setiap PTC memiliki aturannya masing-masing, namun untuk mendapatkan uang atau menerima komisi dari situs PTC, setidaknya referral kamu harus mengklik empat iklan setiap hari.

Disamping itu, kamu harus mengetahui bahwa peraturan terkait komisi berbeda-beda di setiap situs PTC. Bahkan tidak semua PTC menawarkan komisi kepada anggota standar atau gratisan. Jadi, jika ingin hasil yang lebih baik, sebaiknya berlangganan ke akun premium.Setelah mengenal apa itu referral, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Nah, agar lebih maksimal, baca juga informasi marketing lainnya disini, selamat mencoba!

Baca juga  Kerugian Skema Ponzi: Cek Contoh Bisnis Piramida Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go