apa itu email marketing

Apa itu email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat membuat konsumen menerima promosi produk, diskon, atau program yang dijalankan.

Berdasarkan mailchimp, email marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital yang menggunakan media email untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis.

Email marketing membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai item atau penawaran terbaru. Hal ini menarik pelanggan untuk membeli barang-barang terbaru dengan diskon khusus.

Tujuan dari email marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness, mempromosikan produk dan layanan, serta membina hubungan dengan pelanggan. Email marketing sendiri diklasifikasikan sebagai saluran CRM (Customer Relationship Marketing) karena bertujuan untuk meningkatkan interaksi.

Apa Itu Email Marketing dan Mengapa Dinilai Penting?

apa itu email marketing
Source: Freepik

Dilansir dari Hubspot, email marketing memberikan berbagai keuntungan dan manfaat bagi perusahaan, antara lain:

1. Meningkatkan Penjualan dan Leads

Hubspot menemukan 59% marketer yang menyatakan bahwa email adalah sumber utama ROI (Pengembalian Investasi), sehingga meningkatkan pendapatan hingga 760%. Hubspot juga menyatakan bahwa 59% responden percaya apa itu email marketing dapat mempengaruhi keputusan belanja mereka.

Email marketing membantu marketer mengirimkan komunikasi yang meyakinkan kepada target demografis mereka, yang pada akhirnya mengarahkan audiens ke halaman penjualan. Tidak hanya itu, bila digunakan secara efektif, email marketing mampu mempertahankan prospek dan mendorong konversi.

2. Menghasilkan Traffic ke Website Perusahaan

Ketika sebuah perusahaan memiliki banyak informasi fantastis di situs webnya, salah satu metode untuk menyampaikannya kepada audiens targetnya adalah dengan mengirimi mereka email.

Baca juga  Cara Mengatasi Masalah Marketing Dan Penyebabnya!

Sederhananya, ketika marketer mengirim email marketing dengan materi yang menarik, audiens akan tertarik untuk mengklik CTA, yang akan mengarahkan mereka ke situs web tempat konten tersebut dipublikasikan. Tentunya ini berpengaruh terhadap kenaikan traffic untuk keperluan SEO.

3. Menghasilkan Konten yang Dipersonalisasi

Apa itu email marketing penting? Ya, karena Hubspot menemukan bahwa email yang menggunakan nama penerima di baris subjek dapat menghasilkan RKT yang lebih tinggi.

Misalnya, ketika kamu mengirim email marketing dengan salam “Hai, Diego!” tidakkah mereka merasa terdorong untuk membukanya? Dengan email marketing, konten bisa dipersonalisasi sesuai target audiens.

4. Media Komunikasi dengan Audiens

Perusahaan harus menjaga komunikasi dengan audiens targetnya. Ketika audiens menaruh kepercayaan mereka pada produk tertentu, ada kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan setia perusahaan tersebut.

Email marketing membantu kita untuk berkomunikasi dengan banyak audiens sekaligus mengingatkan mereka mengenai produk yang ditawarkan. Tentu saja produk tersebut akan tetap terlihat dan eksis di hadapan mereka.

5. Mengirim Campaign Sesuai Jadwal

Apa itu email marketing yang bisa dijadwalkan sesuai kebutuhan perusahaan. Misalnya, suatu perusahaan ingin menyampaikan informasi mengenai penawaran khusus pada hari tertentu. 

Maka tim CRM bisa menjadwalkan email marketing selama beberapa hari sebelum penawaran ditayangkan. Hal ini memastikan bahwa email tersebut mencapai target yang dituju pada saat yang tepat.

6. Menghemat Biaya Campaign

Campaign tradisional terkenal menghabiskan banyak uang untuk iklan, yang disebarkan melalui media cetak, spanduk, dan bahkan papan reklame.

Perusahaan yang menggunakan email marketing justru dapat menghemat biaya periklanan seperti menyewa situs dan mengirim surat ke media cetak. Perusahaan hanya membutuhkan sumber daya yang kompeten, seperti copywriter dan desainer grafis.

Baca juga  6 Strategi Marketing Konten Reels Instagram

Selain itu, pembuatan email marketing tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan bisa selesai dalam satu hari. Jauh lebih hemat dan memangkas banyak anggaran bukan?

Jadi setelah mengenai apa itu email marketing dan manfaatnya, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Selain itu, kamu juga bisa lho membaca informasi marketing lainnya disini, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go