cara promosi di instagram

Cara promosi di Instagram bisa dimulai dengan membuat akun bisnis, beriklan, upload video konten secara konsisten, dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya!

Salah satu cara promosi yang cukup efektif bisa melalui Instagram. Instagram adalah platform media sosial yang dapat menjangkau khalayak luas. Kamu juga bisa memilih target audiens yang diinginkan. Dengan begitu, konten promosi hanya ditujukan kepada target audiens yang potensial.

Mengunggah konten ke Instagram juga cukup menjanjikan. Kamu bisa menjangkau jutaan orang dengan menggabungkan konten menarik, hashtag, dan konsistensi! Namun, bukan berarti kamu bisa mempublikasikannya begitu saja.

5 Cara Promosi di Instagram Secara Tepat

Ada beberapa strategi khusus agar promosi semakin efektif. Lantas, bagaimana cara promosi di Instagram secara tepat? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Lengkapi Profil

Promosi di Instagram akan lebih efektif jika profil kamu terlihat profesional. Maka dari itu, lengkapi foto profil, bio, nomor telepon, alamat email, dan katalog produk untuk dilihat calon konsumen. Kamu juga bisa membuat katalog online gratis dan menaruh URL di bio Instagram.

Pastikan bio menyertakan beberapa informasi dasar mengenai bisnismu. Ini mungkin termasuk lokasi toko, jam kerja, layanan kurir, atau nama kamu sebagai pengelola. Sisipkan beberapa emoticon agar lebih menarik dan friendly.

2. Tentukan Branding

Cara promosi di Instagram berikutnya adalah menentukan branding untuk bisnismu. Kamu bisa menyesuaikannya dengan produk dan target market. Misalnya saja ingin menawarkan minuman boba kekinian, umumnya target pasarnya adalah anak muda di atas usia 13 tahun sampai usia dewasa 20 tahunan.

cara promosi di instagram
Source: Freepik

Artinya, kamu bisa promosi di Instagram dengan menggunakan bahasa non-formal, sehari-hari, ramah, dan sedikit gaul. Kamu juga harus menggunakan desain konten feed yang estetik. Tujuannya tentu agar konsumen dan brand jadi lebih akrab.

Baca juga  Belajar SEO Untuk Newbie, Simak 5 Tips Mudah Ini!

3. Gunakan Akun Bisnis Instagram 

Cara promosi di Instagram berikutnya adalah menggunakan akun bisnis. Beralih ke akun bisnis dapat membantu menjangkau lebih banyak akun-akun potensial untuk pemasaran. Selain itu, tampilan akun bisnis juga jadi lebih customer friendly sehingga memudahkan calon pembeli menghubungi mu.

Membuat akun bisnis Instagram pun sangat sederhana. Cukup unduh aplikasinya, sign up, dan pilih akun bisnis. Namun jika kamu sudah memiliki akun Instagram, ubah saja. Klik menu “Pengaturan”, lalu pilih “Bisnis”. Di sana, kamu bisa mengelola akun profesional milikmu.

4. Posting Konten dengan Konsisten 

Jika akun bisnis tersebut sudah lengkap, cara promosi di Instagram berikutnya adalah mengunggah konten yang menarik untuk memulai promosi. Kamu harus berhati-hati sebelum melanjutkan langkah ini. Hindari asal posting tanpa perencanaan. Promosi terencana di Instagram adalah strategi yang bagus.

Penting untuk memahami konsep konten promosi yang ingin di upload itu seperti apa. Akan jauh lebih baik jika kamu memiliki content planning. Kamu bisa memposting konten setiap hari. Bisa juga 2-4 kali dalam seminggu. Semuanya tergantung kebutuhan. Asal konsisten dan terencana, maka konten promosi akan optimal.

5. Bagikan Testimoni Pelanggan

Apakah testimoni pelanggan itu penting? Tentu saja. Mengumpulkan sebanyak mungkin testimonial yang positif bisa membantu perusahaan menjadi lebih dipercaya.

Cara promosi ini akan meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk mu karena kualitasnya telah dibuktikan melalui testimoni. Jangan lupa cantumkan testimonial tersebut di highlight agar pelanggan dapat mengaksesnya kapan saja!

Nah, itu dia cara promosi di Instagram yang bisa kamu coba! Selain itu, kamu juga bisa baca informasi marketing lainnya disini, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go