cara membuat marketing campaign

Cara membuat marketing campaign cukup mudah, yang mana bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand bisnis secara keseluruhan.

Menurut HubSpot, marketing campaign adalah rencana pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk kepada pelanggan. Teknik pemasaran ini tidak hanya berupaya untuk meningkatkan penjualan, namun juga berfungsi untuk membantu proses branding dan menjaring masukan dari pelanggan.

Untuk melakukan metode tersebut, marketers harus menggunakan berbagai saluran promosi, mulai dari online channel hingga offline marketing. Namun, marketing campaign bukanlah metode promosi yang utama. Kampanye ini hanya merupakan elemen kecil dari strategi marketing yang perusahaan buat.

Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif

Setelah mempelajari apa yang dimaksud dengan marketing campaign, kita akan masuk ke pembahasan cara membuat marketing campaign yang efektif, diantaranya:

1. Tetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan, khususnya untuk bisnis, merupakan langkah awal yang sangat penting. Kamu tidak akan punya gambaran, jika melakukan campaign tanpa tujuan yang jelas. Melalui tujuan ini, cara kerja dan berpikir pun tidak melebar kemana-mana.

cara membuat marketing campaign
Source: Freepik

Alih-alih menjadi batasan, tujuan yang di tetapkan akan mengarahkan kita untuk mengambil tindakan. Untuk mempermudah proses membuat tujuan campaign yang benar, mulailah dengan teknik SMART. Jadi, apa itu “SMART” dalam marketing?

  • Specific: Tetapkan tujuan tindakan.
  • Measurable: Menentukan ukuran untuk mengukur kesuksesan campaign.
  • Achievable: Tujuan-tujuan ini tidak hanya mudah diukur, namun juga mudah untuk dicapai.
  • Relevance: Pastikan aktivitas yang kamu rencanakan relevan dengan kondisi perusahaan, bisnis, dan pasar.
  • Time-sensitive: Tetapkan tenggat waktu untuk memastikan kampanye berjalan efisien.
Baca juga  Strategi Marketing Viral, Ini Dia Langkah yang Bisa Dicoba!

2. Pilih Audience & Channel

Cara membuat marketing campaign selanjutnya adalah pilih audience dan channel. Setelah kamu menentukan tujuan dari kegiatan ini, saatnya menentukan siapa saja yang akan berpartisipasi dan media apa yang akan digunakan.

Kamu harus memutuskan audiens mana yang ingin di targetkan. Apakah mereka pengguna jalan atau yang selalu menggunakan smartphone? Jika target audiens mu sebagian besar adalah pengguna smartphone, kamu bisa menargetkan mereka melalui media sosial. Kampanye ini juga dipromosikan melalui media sosial.

Namun, jika kamu memutuskan untuk menyasar pengguna jalan. Kamu harus menggunakan saluran offline, bisa melalui iklan atau dengan mengadakan brand activation di jalan.

3. Tentukan KPI (Key Performance Indicator)

Jika tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan di platform media sosial seperti Instagram, kamu harus menggunakan tayangan, jangkauan, dan engangement sebagai metrik ukuran.

4. Bekerja Sama Dengan Divisi Terkait

Cara membuat marketing campaign selanjutnya adalah bekerjasama dengan divisi terkait. Menjalankan marketing campaign tidak dapat diselesaikan secara instan. Kamu juga memerlukan pengetahuan mengenai nilai jual produk, kondisi pasar, permintaan pelanggan, dan banyak lagi.

Untuk merancang marketing campaign yang sukses, marketers harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari divisi terkait.

Membuat marketing campaign yang menarik untuk memperkenalkan sesuatu kepada masyarakat sangatlah penting. Hal ini karena campaign yang diluncurkan dapat meningkatkan kesadaran pelanggan sehingga menimbulkan keinginan untuk membeli barang tersebut.

Proses dalam membangun campaign mungkin dimulai dengan mengidentifikasi tujuan, mempelajari audiens, dan mengamati serta menerapkan langkah dari brand yang lain. 

Namun jangan lupa untuk terus memantau dan meninjau langkah ini. Campaign pemasaran, baik online maupun offline, rumit dan memakan waktu. Kamu tidak bisa mendapatkan hasilnya secara instan.

Baca juga  7 Jenis Referral Untuk Memaksimalkan Suatu Bisnis

Nah, itu cara membuat marketing campaign yang mudah dan efisien, untuk menemukan informasi marketing lainnya, silakan baca di platform ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go