metode ampuh membangun brand

Metode ampuh membangun brand harus dipahami, supaya bisnis yang dijalankan mampu bertahan dengan persaingan yang semakin ketat ini, yuk simak selengkapnya!

Persaingan ketat menjadi salah satu alasan mengapa membangun brand itu penting. Apalagi bagi kamu yang saat ini baru mengembangkan usaha. Sebuah merek bisa berfungsi sebagai identitas yang membantu orang mengenali dan mengingat siapa kamu.

Definisi membangun brand adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai perusahaan melalui strategi dan kampanye dengan tujuan mengembangkan citra yang khas di masyarakat. 

Metode Ampuh Membangun Brand yang Kuat

Pada masanya, memperkenalkan diri kepada konsumen dan media dengan kartu nama merupakan hal yang biasa dilakukan untuk membangun branding yang baik. 

Namun, membangun brand di tengah kemajuan zaman saat ini, kamu harus fokus dengan beberapa hal yang lebih berkualitas. Diantaranya adalah:

1. Tetapkan Tujuan

Pikirkan mengapa perusahaan kamu dimulai dan terus ada. Tujuan apa yang ingin dicapai perusahaan, khususnya untuk target pasarnya.

metode ampuh membangun brand
Source: Freepik

Metode ampuh membangun brand bisa dimulai dengan meninjau pernyataan misi dan visi yang dapat mengidentifikasi tujuan perusahaan atau bisnis, sehingga menghasilkan hasil yang lebih optimal.

 2. Identifikasi Audiens Utama

Selanjutnya, sangat penting untuk mengidentifikasi audiens utama mu. Semakin banyak informasi yang kita miliki mengenai audiens, semakin mudah pula untuk membangun sebuah merek. Memahami persona pembeli sangat penting untuk membangun merek yang sukses. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat menentukan target audiens:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Penghasilan
  • Tingkat Pendidikan
  • Teliti Para Kompetitor
Baca juga  Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif dan Sukses

3. Meneliti Kompetitor

Metode ampuh membangun brand selanjutnya adalah dengan meliti kompetitor. Meniru dengan persis adalah cara yang salah. Kamu cukup mengetahui apa yang dilakukan pesaing. Artinya, ketahui kelemahan dan kelebihan dari mereka.

Tujuannya adalah untuk membedakan bisnismu dengan pesaing. Yakinkan pelanggan untuk membeli dari kamu, bukan dari yang lain. Karenanya, jangan lewatkan tahap ini dalam proses branding. Teliti pesaing utama dan merek mana yang menginspirasi.

Pelajari seberapa sukses mereka membangun merek, gunakan apa yang kamu ketahui tentang mereka, lalu rancang solusi yang akan membedakan kamu dari kompetitor tersebut.

4. Tentukan Persona Merek

Metode ampuh membangun brand selanjutnya, kamu bisa mulai mengembangkan identitas merek. Persona ini harus menarik bagi pelanggan dan mampu menunjukkan nilai berbeda dibanding pesaing. 

Karena brand persona akan mempengaruhi image bisnismu. Yang terbaik adalah menjaga hal-hal mendasar dan relevan. Terlalu rumit justru akan membuat target audiens kebingungan. Mereka tidak akan bisa memahami apa yang ingin kamu tunjukan.

5. Kembangkan Pesan Utama

Setelah menetapkan karakter dan citra merek, buatlah pesan-pesan utama dan hubungkan dengan target audiens mu. Pesan inti akan menjadi hal paling berkesan yang diambil audiens dari interaksi mereka dengan suatu bisnis.

Mereka harus menggabungkan aspek unik dari bisnis dan nilai tambah bagi pelanggan, serta sentuhan kepribadian merek. Ini akan meningkatkan image brand untuk terus diingat.

6. Selalu Konsisten

Metode ampuh membangun brand ini sangat penting. Gunakan warna, desain, kata, dan tipografi yang sama di seluruh titik kontak audiens, termasuk situs web, kartu nama, dan profil media sosial.

Tidak ada yang bisa menyampaikan narasi lebih baik dari diri sendiri, oleh karena itu jangan terus-menerus mengubahnya untuk memastikan brand tetap relevan dengan target audiens mu.

Baca juga  Marketing Generasi Z: Cek Strategi Ampuhnya Disini!

Itu dia metode ampuh membangun brand, baik melalui iklan, sosial media, promosi dan masih banyak lagi, yuk simak informasi marketing lainnya disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go