strategi branding untuk bisnis kecil

Strategi branding untuk bisnis kecil memang diperlukan, tujuannya untuk menempatkan makna yang melekat pada bisnis, sehingga mudah dikenali.

Apakah kamu tertarik menjadi wirausaha? Jika jawabannya iya, kamu pasti sudah familiar dengan strategi branding. Tentu saja, dengan branding yang tepat, perusahaan yang dijalankan akan mencapai maksud dan tujuannya. Branding mewakili citra perusahaan dimata konsumen.

Strategi Branding Untuk Bisnis Kecil Secara Tepat

Jadi, apa yang dimaksud dengan strategi branding, dan bagaimana cara menerapkannya dengan tepat? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Tentukan Brand Identity dari Bisnismu

Strategi branding untuk bisnis kecil yang pertama adalah dengan membentuk dan menciptakan identitas merek. Membangun merek tidak hanya sekadar membuat logo. Ya, brand identity itu menentukan apa bisnismu, nilai, visi, dan tujuan perusahaan dan cara menangani target pasar.

Melalui brand identity, kamu bisa memberikan gambaran kepada audiens mengenai bisnismu. Identitas merek juga membantu kamu dalam mengembangkan hubungan antara merek dan audiens sasarannya, serta dalam membentuk persepsi merek.

2. Buatlah Tagline yang Cocok

Branding juga harus memuat pesan yang ingin diungkapkan oleh produk. Strategi branding harus menjadi cara berkomunikasi dengan konsumen. Buatlah tagline yang sesuai untuk produk mu. Tidak perlu terlalu panjang, yang penting adalah menyampaikan pesan dan tujuan produk tersebut.

3. Campaign di Media Sosial

Brand yang di bangun harus dipromosikan salah satunya melalui media sosial yang terbukti efektif menjangkau pasar. Media sosial juga dapat diakses secara gratis, sehingga memudahkan kita dalam menjalankan kampanye.

strategi branding untuk bisnis kecil di media sosial
Source: Freepik

Strategi branding untuk bisnis kecil, buat materi yang memuat informasi mengenai produk. Biarkan konsumen melihat dan mengenali image dari informasi produk yang kamu tawarkan.

Baca juga  5 Perbedaan Sales dan Marketing, Pebisnis Harus Paham!

4. Konsisten

Agar berhasil, strategi branding harus dilakukan secara konsisten. Lakukan strategi tersebut secara konsisten dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa pesan tersampaikan secara efektif. Konsumen bisa mengenali produk dengan baik berkat gambaran yang dibentuk oleh branding.

5. Melakukan Kolaborasi

Seperti halnya perusahaan, manusia tidak bisa hidup sendirian. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Jika diterapkan dengan benar, cara ini dapat meningkatkan citra merek sebuah perusahaan.

Kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara, termasuk membuat bundel dengan merek lain dengan harga yang menarik. Bermitra dengan perusahaan lain untuk menawarkan diskon atau promosi, atau bahkan berkolaborasi untuk meluncurkan produk baru guna menjangkau audiens dari dua merek terkait.

6. Introspeksi

Selain melakukan kolaborasi, strategi branding untuk bisnis kecil selanjutnya yaitu membuat beberapa konten perusahaan dan menandai penawaran tersebut. Fokus pada alasan (visi), apa (misi), dan bagaimana (nilai) perusahaan, yang bertujuan untuk menghubungkan tujuan branding dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Jika kamu membuat strategi branding untuk suatu produk, fokuslah pada fitur dan cari nilai jual unik serta proposisi nilai untuk dimanfaatkan. Biasanya, strategi positioning branding didasarkan pada dua aspek ini.

7. Temukan Strategi Positioning yang Sempurna

Strategi positioning yang efektif ditentukan dari bagaimana kamu memposisikan merek tersebut di pasar. Positioning adalah proses menentukan ruang sempurna yang dapat ditempati oleh suatu merek di benak konsumen, dibandingkan dengan strategi dan taktik positioning kompetitor lainnya.

Nah itulah beberapa cara branding yang harus dipahami oleh setiap pebisnis. Meski tampak mudah, strategi branding untuk bisnis kecil bisa membantu kita menjangkau khalayak yang lebih luas dan membangun kepercayaan terhadap kualitas produk, jadi cek juga ya informasi marketing lainnya disini.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Beriklan di Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go