mlm adalah

MLM Adalah strategi pemasaran yang berjenjang maupun berantai, di mana sales akan mendapatkan kompensasi atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

MLM Adalah – Saat ini telah bermunculan beberapa jenis perusahaan, salah satunya adalah bisnis MLM. Kamu pasti sudah sering mendengarnya bukan? MLM merupakan salah satu jenis bisnis yang mengutamakan jaringan distribusi klien.

Meskipun cara ini sering digunakan oleh sebagian orang untuk melakukan kecurangan, namun masih banyak perusahaan MLM ternama yang bisa kamu ikuti. Jadi, bagaimana cara kita menilai bisnis MLM yang baik? Mari simak ulasannya dibawah ini.

Bisnis MLM Adalah?

Apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika memikirkan MLM? Mungkin sebagian dari kamu berpendapat bahwa bisnis ini merupakan bentuk eksploitasi terselubung terhadap para anggotanya, yang hanya mementingkan pendapatannya sendiri. Namun, tidak semua perusahaan MLM dipersepsikan secara negatif.

Jadi, apa sebenarnya bisnis multi level marketing itu? MLM adalah strategi pemasaran berpangkat maupun berasosiasi, di mana sumber daya penjual, yaitu sales, mendapatkan lebih dari sekedar komisi penjualan. Mereka akan merekrut orang lain untuk bekerja sebagai penjual dan kemudian menerima persentase komisi dari penjualan tersebut.

Perusahaan ini juga terkenal dengan strategi penjualannya yang berkonsep piramida. Dalam sistem piramida, terdapat dua jenis anggota yaitu upline dan downline. Lalu apa arti dari kedua istilah ini?

Secara umum, member upline dan downline adalah anggota MLM yang menjual barang sesuai pesanan saat direkrut. Anggota upline wajib merekrut anggota downline sebanyak-banyaknya agar memperoleh komisi yang banyak. Sedangkan, member downline adalah sales yang direkrut oleh member upline.

Seperti yang kita tahu, tujuan MLM adalah mengembangkan jangkauan bisnisnya dengan melibatkan anggota tambahan. Dampaknya, pendapatan perusahaan akan meningkat drastis. Tidak heran jika bisnis MLM menjanjikan bonus menarik kepada anggota yang berhasil merekrut orang baru. Yuk dapatkan informasi mengenai Multi Level Marketing lainnya disini.

Baca juga  Aplikasi Multi Level Marketing: Fitur dan Rekomendasi Gratis!

Tips Memilih MLM Terpercaya

mlm adalah strategi marketing berjenjang
Source: Freepik

Jika kamu tertarik dengan bisnis MLM, pastikan dulu bahwa perusahaan tersebut terpercaya agar terhindar dari penipuan. Adapun tips yang bisa diterapkan adalah:

1. Memiliki Produk yang Dapat Dijual

Persyaratan pertama untuk bisnis apapun, baik MLM atau bukan, adalah memiliki produk untuk ditawarkan. Baik produk maupun jasa yang dijual harus berkualitas tinggi dan dapat diandalkan.

2. Telah Terdaftar APLI

APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia) adalah organisasi yang mengatur semua jenis bisnis MLM. Untuk menerima akreditasi APLI, perusahaan MLM harus memenuhi sejumlah persyaratan khusus.

3. Harga Produk yang Dijual Masuk Akal

Harga barang yang ditawarkan dan masih dalam batas normal menjadi salah satu indikator MLM adalah bisnis yang terpercaya. Namun, selain harga produk yang wajar, periksa juga apakah kualitasnya sebanding dengan harga yang ditawarkan.

4. Memiliki Badan Hukum yang Jelas

Organisasi MLM yang kredibel tidak hanya harus terakreditasi APLI, namun juga memiliki badan hukum yang jelas. Misalnya korporasi adalah persekutuan komanditer (PT) yang memiliki NPWP dan SIUPL.

5. Upline Dapat Membimbing Downline

Berdasarkan kriteria di atas, MLM yang baik ditentukan oleh kemampuan upline member dalam membimbing downline member. Tujuan MLM adalah untuk memastikan bisnis berjalan lancar dan sesuai dengan upline.

6. Anggota Menerima Manfaat yang Adil

MLM yang baik adalah MLM yang setiap anggotanya mendapatkan keuntungan dari usaha mereka dalam menjual dan memasarkan barang, serta jumlah downline yang bergabung.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu bisnis MLM adalah, dan bagaimana cara memilihnya. Jika kamu tertarik, ingatlah untuk selalu berhati-hati dan melakukan pengecekan secara menyeluruh pada setiap bisnis yang ditawarkan ya!

Baca juga  Risiko Bisnis MLM: 5 Hal yang Harus kamu Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go