apa itu agile organization

Apa Itu Agile Organization? Agile organization adalah organisasi yang memiliki kemampuan dalam merespons tuntutan perubahan dan tantangan yang dihadapi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Agile organization adalah organisasi yang dapat merespons perubahan kebutuhan dan kesulitan serta mudah beradaptasi terhadap perubahan kondisi. Konsep agile organization menjadi langkah penting bagi organisasi untuk bersiap menghadapi transisi dari industri 4.0 ke 5.0.

Berkat agile organization, perusahaan lebih siap menghadapi berbagai guncangan dan tuntutan. Organisasi yang menerapkan agile akan beroperasi lebih efektif, efisien, dan konsisten. Tujuan utama konsep ini adalah memberikan layanan terbaik dalam situasi apa pun.

Pentingnya Menjadi Apa Itu Agile Organization

Seiring transisi masa industri dari 4.0 ke 5.0, setiap organisasi harus merespons kesulitan secepat mungkin, beradaptasi, dan tentunya memanfaatkan teknologi. Jawaban ini juga berlaku ketika sebuah perusahaan harus mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

apa itu agile organization dan pentingnya untuk bisnis
Source: Freepik

Tentunya pengambilan keputusan ini tetap berlandaskan pada komitmen para pemangku kepentingan dan tujuan yang disepakati, yaitu keputusan-keputusan yang bersifat:

  • Memberikan keuntungan bagi organisasi
  • Mengembangkan karyawan yang terampil dan berpotensi untuk menciptakan teknologi baru.

Menurut studi Global Human Capital Trends Deloitte tahun 2016, 82% responden percaya bahwa budaya organisasi memiliki potensi yang kompetitif. Oleh karena itu, para pemimpin memainkan peran penting dalam mengembangkan apa itu agile organization.

Untuk membangun agile organization, para pemimpin juga harus memiliki agility dan leadership. Pemimpin yang tangkas tidak diragukan lagi dapat menjadi contoh nyata atau panutan bagi karyawannya. Ketika kamu ingin membangun agile organization yang sukses, kamu harus melakukan penyesuaian berdasarkan budaya dan nilai-nilai organisasi.

Baca juga  Influencer Marketing Adalah dan Tips Memilihnya

Lalu bagaimana dengan organisasi yang tidak menggunakan apa itu agile organization? Tentu saja, organisasi-organisasi yang bersifat hirarkis dan birokratis akan kesulitan untuk beradaptasi dan akan kehilangan momentum komersial sebagai akibat dari lambatnya respon mereka terhadap perubahan. 

Selain itu, organisasi yang tidak menganut gagasan agile akan menjadi tidak fleksibel dalam menghadapi pasar, bisnis, dan perkembangan kompetitif baru. Akibatnya, organisasi tertinggal dalam upaya inovasinya. Hasilnya, mereka tidak mampu bersaing dengan pemain-pemain baru atau bisnis startup.

Bisnis-bisnis startup ini, biasanya sudah melek dalam penerapan agile. Artinya, perusahaan baru ini lebih siap bersaing dan mampu menghadapi kesulitan, baik dari pasar maupun dari pesaing bisnis yang sudah mapan.

Contoh Penerapan Agile Organization

Gojek merupakan salah satu perusahaan startup di Indonesia yang menerapkan prinsip agile dalam organisasinya. Gojek telah berkembang pesat, beradaptasi terhadap perubahan dengan mengembangkan teknologi baru yang memenuhi permintaan pasar dan pelanggan.

Fokus Gojek selalu memenuhi permintaan pasar dan membangun apa itu agile organization yang baik. Dengan adanya penerapan ini, Gojek akhirnya mampu berkembang secara internasional.

Selain Gojek, ada satu perusahaan lain yang menerapkan agile organization, yaitu Netflix. Netflix adalah perusahaan penyedia layanan streaming. Netflix telah mengalami pertumbuhan pelanggan dan pendapatan dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan Netflix telah menghasilkan keuntungan besar selama masa pandemik. Mengapa demikian? Netflix mengizinkan seluruh stafnya bekerja dengan bebas. Namun para karyawannya harus berkomitmen dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Hasilnya, Netflix kian sukses dan menghasilkan pendapatan yang signifikan. Netflix mampu memprioritaskan layanan pelanggan yang sangat baik, namun tetap fleksibel dalam aturan bisnisnya.

Tidak bisa dipungkiri, perubahan dari organisasi tradisional menjadi organisasi agile memerlukan proses yang panjang dan berkomitmen tinggi. Namun, semuanya akan terbayarkan jika kamu berhasil mencapai titik kesuksesan dan terus membuat kemajuan dalam mengembangkan agile organization.

Jadi sudah jelas kan apa itu agile organization dan pentingnya untuk bisnis? Terlepas dari hal itu, baca juga yuk informasi marketing lainnya disini, semoga membantu.

Baca juga  Mengenal Apa Itu Referral Dalam Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go