tips social media marketing

Tips social media marketing memang perlu diterapkan dalam dunia bisnis, karena sekarang ini peran digital sudah mengambil alih, sehingga kita perlu menyesuaikan, yuk simak selengkapnya!

Social media marketing merupakan salah satu pendekatan yang sangat efisien untuk mempromosikan bisnis di internet.

Social media marketing juga memiliki beberapa keuntungan bagi bisnis, antara lain meningkatkan brand awareness, mempermudah memperoleh konsumen baru, meningkatkan traffic situs web dan peringkat di mesin pencari, serta menjaga hubungan baik serta kepuasan para pelanggan.

Lebih lanjut, Sprout Social mengklaim bahwa 75% individu akan membeli suatu produk setelah melihatnya di media sosial.

Tips Social Media Marketing yang Patut Kamu Terapkan

tips social media marketing
Sumber: Freepik

Social media marketing harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak, hal itu akan berdampak negatif pada kelangsungan bisnis. Berikut tujuh saran untuk social media marketing, diantaranya:

1. Riset Klien

Ketika berbicara mengenai tips social media marketing, kamu tidak harus menggunakan semua jaringan. Cukup gunakan platform yang sering digunakan oleh target audiens saja. Jika target demografis kamu masih muda dan strategi perusahaan mu adalah B2C (business to customer), Instagram adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika target klien adalah profesional dengan model perusahaan B2B (business to business), Facebook dan Linkedin akan menjadi platform terbaik untuk promosi.

2. Buat Goals atau Tujuan yang Jelas

Saat pertama kali mulai melakukan tips social media marketing, mungkin kamu tidak yakin tujuan apa yang harus ditetapkan. Tujuan melakukan strategi ini dapat berupa mencari calon klien baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, meningkatkan traffic website, atau brand awareness.

Akan lebih mudah untuk menyelesaikan tugas jika kamu memiliki tujuan yang jelas. Misalnya, kamu telah menetapkan tujuan marketing untuk meningkatkan brand awareness. Jadi, ketika kamu melakukan ini, kamu harus membuat konten yang mencerminkan brand tersebut.

Baca juga  Tips Rencanakan Digital Marketing: Efektif Banget Guys!

3. Analisa Kompetitor

Saat ini, bukan hanya kamu yang melakukan tips social media marketing, tetapi banyak pesaing juga. Maka untuk memastikan strategi mu lebih unggul dari pada kompetitor, kamu harus terlebih dahulu memahami taktik mereka.

Temukan dan analisis platform media sosial, keyword, hashtag, dan bahkan tema konten yang mereka gunakan. Namun, kamu harus sadar bahwa mencari tahu bukan berarti mencuri ide lawan. Setelah mempelajari strategi kompetitor, berusahalah untuk mengungguli mereka dalam hal branding.

4. Buat Konten yang Relevan dan Menarik

Setelah berhasil melakukan riset klien, memiliki tujuan yang jelas, dan riset kompetitor, sekarang lah waktunya untuk membuat konten yang relevan dan menarik untuk tips social media marketing selanjutnya. Berikut beberapa strategi untuk membuat konten yang lebih relevan dan menarik:

  • Pertimbangkan tema yang relevan dengan niche bisnis.
  • Buat konten sesuai dengan tujuan promosi.
  • Jangan berlebihan dalam membuat konten yang melakukan penjualan.
  • Jangan terlalu sering memposting.
  • Konten harus mampu menjawab kebutuhan target audiens.

5. Tentukan Waktu Posting yang Tepat

Penting juga untuk mempertimbangkan waktu postingan di media sosial. Memposting konten terlalu banyak akan membuat calon konsumen bosan dan bahkan berhenti mengikuti.

Maka tips social media marketing berikutnya, setidaknya posting tiga hingga empat kali setiap minggu. Selain itu, terdapat aturan waktu yang pantas dan tidak tepat untuk memposting konten.

6. Lakukan Evaluasi

Tahap terakhir adalah mengevaluasi performa dari social media marketing tersebut. Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan performa branding  yang akan kamu lakukan berikutnya. Berdasarkan hal ini, kamu bisa mengidentifikasi apa yang perlu dipertahankan dan apa yang perlu ditingkatkan.Nah, selain tips social media marketing diatas, kamu juga bisa mengetahui informasi marketing lainnya dengan lengkap di platform ini ya! Selamat membaca!

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Beriklan di Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go