perbedaan sales dan marketing

Perbedaan sales dan marketing tidak jauh-jauh dari proses kerja divisi. Dimana divisi marketing merupakan penggerak awal dari divisi sales.

Istilah sales dan marketing pasti sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Dalam hal lowongan kerja, sering kali ada posisi sales dan marketing. Tidak heran jika orang kerap bingung antara peran sales dan marketing. Namun tugas dan kewajiban antara keduanya jelas berbeda.

5 Perbedaan Sales dan Marketing

perbedaan sales dan marketing
Sumber: Freepik

Berangkat dari hal ini, kami akan menjelaskan mengenai perbedaan sales dan marketing untuk teman-teman semua agar tidak bingung lagi, diantaranya adalah:

1. Fungsi Bisnis 

Perbedaan sales dan marketing yang pertama adalah fungsi bisnisnya. Keduanya memiliki tugas dan tanggung jawab bisnis yang terpisah. Sales memiliki fungsi bisnis yang mengawasi semua operasi terkait dengan penjualan produk perusahaan,

Adapun pekerjaan sales mencakup penjualan langsung, baik produk maupun jasa. Sementara itu, marketing melayani tujuan perusahaan untuk membangkitkan minat masyarakat terhadap produk-produk yang dijual oleh sales.

Dalam konteks ini, sales dan marketing memiliki fungsi yang berbeda karena sales berhubungan langsung dengan pelanggan sementara marketing bekerja di balik layar.

2. Proses Kerja

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya adalah proses kerja. Marketing bekerja sebagai kekuatan pendorong di belakang tim sales. Marketing bekerja untuk menyampaikan informasi lengkap mengenai barang yang akan dijual oleh sales.

Hal ini meliputi harga produk, profil target yang harus diperoleh sales ataupun tempat yang dapat dijangkau oleh produk yang ditawarkan. Tujuan marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran para target sehingga produk bisa dijadikan solusi atas permasalahan mereka.

Baca juga  6 Metode Ampuh Membangun Brand yang Kuat: Coba Yuk!

Sementara itu, sales lebih banyak berkomunikasi dengan targetnya. Mulai dari melakukan penawaran dan menjawab semua pertanyaan target mengenai produk ataupun jasa. Dapat dikatakan bahwa sales adalah kepanjangan tangan dari marketing.

3. Peralatan yang Digunakan

Karena mereka memiliki jobdesk yang berbeda, perbedaan sales dan marketing selanjutnya terkait peralatan yang digunakan. Media sosial adalah alat promosi yang ideal untuk marketing. Sedangkan tim sales menggunakan media sosial sebagai teknik penjualan digital.

Oleh karena itu, meskipun bahan yang digunakan sama, peralatan yang digunakan berbeda-beda. Marketing memerlukan sistem manajemen proyek untuk analisis data, serta program untuk membuat konten terkait produk. Sedangkan sales membutuhkan aplikasi yang mencatat rapat, hasil pertemuan, dan pembukuan faktur penjualan.

4. Strategi Kerja

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya adalah strategi kerja. Marketing melakukan analisis SWOT, sedangkan penjualan tidak. Penjualan lebih mengutamakan pelacakan prospek dan strategi diskon. Adapun strategi lain yang dilakukan oleh marketing adalah melaksanakan tujuan pemasaran, sementara sales melakukan pertemuan dengan klien. 

Dengan menemui klien secara langsung, sales memiliki peluang lebih besar untuk menarik pembeli. Berbanding terbalik dengan marketing yang tidak berhubungan langsung dengan pembeli, melainkan proses untuk membangkitkan minat calon pembeli.

5. Jangka Waktu Kerja

Perbedaan sales dan marketing berikutnya adalah jangka waktu kerja. Marketing membutuhkan waktu kerja yang lebih lama dibandingkan sales. Jangka waktu ini disebabkan oleh kebutuhan marketing untuk melakukan analisis terhadap berbagai taktik pemasaran.

Taktik pemasaran dianalisis dan dievaluasi untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan secara tidak langsung. Hal ini tentu saja membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan sales yang waktu kerjanya bersifat jangka pendek.

Sedangkan sales menjual produk langsung kepada pembeli, dan akan langsung mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Begitu mereka melakukan pembelian maka pekerjaan selesai. Berbeda dengan marketing yang masih membutuhkan proses panjang.

Baca juga  Apa itu Network Marketing dan Manfaatnya: Cek Disini!

Sekalipun perbedaan sales dan marketing jelas berbeda, namun tujuan dari keduanya sama yakni melakukan penjualan, jika ingin tahu lebih lanjut, yuk simak informasi seputar marketing lainnya disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go