promosi bisnis saat lebaran

Promosi bisnis saat lebaran memang diperlukan untuk menarik minat konsumen, baik dengan cara memberikan diskon, mengadakan give away dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Melakukan promosi terbaik menjelang lebaran sangatlah penting bagi bisnis. Hal ini karena Idul Fitri merupakan hari libur penting bagi masyarakat Indonesia, dan banyak pelanggan yang akan meningkatkan aktivitas pembelian mereka. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal untuk menentukan promosi yang tepat.

Pertama, kamu harus memahami pasar dan pelanggan terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu harus meneliti perilaku dan permintaan konsumen sebelum Idul Fitri. 

Misalnya, hal apa yang paling diinginkan konsumen, kapan mereka membutuhkannya, dan bagaimana mereka berbelanja? Dengan memahami kebutuhan dan perilaku konsumen, kamu pun bisa menentukan jenis promosi yang tepat untuk menarik perhatian mereka.

Kedua, mempertimbangkan jenis promosi yang paling sesuai dengan anggaran dan tujuan perusahaan. Kamu harus memilih strategi promosi yang efektif, namun juga terjangkau. Misalnya, apakah kamu akan memberikan diskon, hadiah, atau menjalankan program loyalitas pelanggan.

Selain itu, promosi harus sesuai dengan rencana bisnis perusahaan. Sehingga dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap pertumbuhan bisnis yang dijalankan. Dengan mempertimbangkan kedua hal tersebut, kamu bisa menentukan promosi yang tepat untuk momen jelang Lebaran.

Tips Promosi Bisnis Saat Lebaran

promosi bisnis saat lebaran
Source: Freepik

Dibawah ini adalah beberapa tips promosi bisnis saat lebaran yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan, diantaranya adalah:

1. Kupon Belanja

Kupon belanja dapat diberikan kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu atau telah mengikuti event promo yang memberikan hadiah kupon belanja.

Baca juga  Apa Itu Email Marketing dan Pentingnya Untuk Perusahaan

2. Buy One Get One Free

Promosi beli satu gratis satu bertujuan untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Kamu tidak hanya bisa menyediakan produk yang sama untuk satu atau lebih transaksi, tetapi juga bisa mengeluarkan produk yang kurang laku sebagai barang gratisnya.

3. Pemberian Harga Khusus

Tips promosi bisnis saat lebaran selanjutnya adalah pemberian harga khusus. Cara ini memang tidak mempunyai dampak psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen. Sekalipun suatu produk berharga Rp. 99.990, pelanggan akan tetap percaya bahwa harga tersebut masih lebih murah dibandingkan Rp. 100.000.

4. Diskon

Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa memberikan diskon mulai dari 5% hingga 10%, serta diskon lebih tinggi mulai dari 20% hingga 25%.

5. Promosi Cuci Gudang

Promosi bisnis saat lebaran ini bertujuan untuk menghabiskan barang-barang di gudang. Hal ini dilakukan untuk menutup tahun atau saat penjualan sedang turun. Promosi cuci gudang ini biasanya menawarkan diskon mulai dari 50% hingga 70% untuk produk-produk tertentu.

6. Promo Gratis Ongkir

Seperti yang kita tahu, biaya pengiriman seringkali menjadi salah satu alasan utama konsumen tidak melakukan pembelian. Tingginya biaya pengiriman jika dibandingkan dengan harga produk setara dengan pembeli yang membeli satu produk dengan harga dua produk.

Tidak heran jika banyak calon konsumen yang keluar dari keranjang belanja sebelum transaksi selesai karena melihat biaya ongkir yang mahal. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan promo gratis ongkir untuk mendorong minat konsumen. Promosi semacam ini sering kali menggunakan minimal jumlah order untuk meningkatkan nilai pesanan dalam satu pesanan.

Pemberian promo lebaran dapat berdampak baik untuk bisnis. Hal ini tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan, tetapi juga dapat menarik pelanggan baru dan menumbuhkan interaksi antara perusahaan dan konsumen loyal.

Baca juga  7 Tips Ampuh Jualan di Facebook, Pasti Laris Manis!

Namun sebelum memberikan promosi bisnis saat lebaran, penting untuk memastikan bahwa promosi harus disampaikan dengan cara yang tepat, yuk baca informasi seputar marketing lainnya disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go