manfaat blog bagi bisnis

Manfaat blog bagi bisnis sangat banyak, mulai dari meningkatkan traffic website, meningkatkan brand awareness, promosi gratis dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Menggunakan blog sebagai strategi marketing memiliki beberapa keuntungan bagi pemilik bisnis. Mungkin yang pertama kali terlintas di benak kita ketika mendengar kata ‘blog’ adalah sebuah website atau halaman web yang memiliki postingan dengan berbagai tema. 

Namun ternyata manfaat blogging lebih dari sekedar berbagi pengetahuan melalui artikel. Banyak keunggulan dari penggunaan blog untuk kepentingan bisnis. Ya, banyak bisnis yang memanfaatkan blog sebagai tujuan komersial. Apalagi jika bisnis tersebut dilakukan secara online

Bagi pemilik bisnis online, membuat blog merupakan langkah penting yang ada di era sekarang. Seiring dengan perkembangan digital yang semakin mudah diakses, penerapan strategi marketing melalui blog pun menjadi lebih mudah.

Manfaat Blog Bagi Bisnis

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapat dari menggunakan blog adalah untuk kepentingan marketing, yaitu:

1. Sebagai Media Promosi

Promosi di blog biasanya bersifat soft selling atau penjualan tidak langsung. Alih-alih secara langsung mendukung suatu produk, entri blog biasanya ditulis dengan cara yang secara diam-diam menjual produk tersebut.

manfaat blog bagi bisnis
Source: Freepik

Inilah yang disebut dengan soft selling. Dengan menulis artikel bergaya ‘soft selling’ yang menarik, pembaca dapat terbujuk untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Meningkatkan traffic website

Manfaat blog bagi bisnis selanjutnya adalah meningkatkan traffic website. Terkadang, audiens membuka sebuah website tidak hanya untuk membeli produk. Mereka kadang juga hanya membutuhkan informasi tentang sesuatu.

Baca juga  9 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif

Misalnya, ketika mereka sedang mencari ide seputar cara memilih warna pakaian yang tepat, atau cara memilih pakaian yang akan membuat tubuh tampak lebih ramping. Nah, di sinilah peran blog. Kamu bisa meningkatkan traffic website melalui penerapan blog.

3. Memberikan Edukasi Pada Konsumen

Salah satu tujuan artikel blog adalah untuk mengedukasi konsumen. Pengemasan materi yang menarik dan bersifat edukatif membantu menggugah minat pembaca untuk terus membaca.

Ketika audiens menganggap artikel mu mudah dipahami, mereka akan menyukainya dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di blog mu. Selain itu, kemungkinan besar orang akan kembali ke situsmu karena konten edukasi yang diberikan dapat menambah pengetahuan.

4. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Manfaat blog bagi bisnis selanjutnya adalah membantu meningkatkan kredibilitas dan reputasi perusahaan di mata target audiensnya. Kamu bisa memberikan jawaban kepada audiens dengan menjual barang atau jasa yang mereka butuhkan. Kamu juga bisa menjawab pertanyaan audiens seputar bidang bisnis yang digeluti.

Jadi, jawaban ini bisa dianggap sebagai solusi atas masalah mereka. Jika kamu melakukan ini secara rutin, kredibilitas bisnis akan terbangun. Dengan begitu, reputasi bisnis pun akan meningkat.

5. Menarik Lebih Banyak Pembeli

Pada dasarnya orang tidak suka dipaksa untuk membeli. Mereka menyukai promosi yang halus atau soft selling. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu metode soft selling adalah melalui blogging.

Kamu bisa membangun koneksi dan hubungan emosional dengan pelanggan. Bahkan terkadang audiens tidak sadar bahwa informasi yang mereka lihat adalah sejenis promosi.

6. Menambah Pemasukan Bisnis Melalui Iklan

Manfaat blog bagi bisnis selanjutnya adalah menambah pemasukan melalui iklan. Ketika blog sudah mendapat banyak traffic dan berkembang, kamu bisa menawarkan blog tersebut sebagai media promosi dan beriklan. Kamu bisa mengajak pemilik bisnis lain untuk memasang iklan di blog milikmu.

Baca juga  Strategi Marketing Viral, Ini Dia Langkah yang Bisa Dicoba!

Iklan ini juga bisa dibingkai sebagai materi blog, bukan sekedar hard selling melalui banner iklan. Kamu bisa menyediakan iklan editorial atau artikel yang menyertakan iklan. 

Semakin kamu kreatif, maka traffic yang didapat semakin banyak. Ini akan membuat website mu lebih menarik untuk disisipi iklan. Artinya, uang tunai dihasilkan tidak hanya dari penjualan tetapi juga dari iklan.

Itu dia manfaat blog bagi bisnis yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang, yuk baca informasi terkait marketing lainnya disini, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go