digital marketing adalah

Digital marketing adalah metode pemasaran yang melibatkan promosi produk atau jasa melalui Teknologi Digital. Jenis pemasaran ini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, berkat pertumbuhan internet dan media sosial.

Digital Marketing Adalah

Jadi, digital marketing adalah strategi untuk mempromosikan produk atau jasa melalui teknologi digital seperti internet, search engine, media sosial, email, dan perangkat seluler.

Asal usul digital marketing bisa ditelusuri kembali ke masa awal internet, ketika bisnis menyadari pentingnya memanfaatkan situs website untuk menjangkau khalayak yang lebih besar.

Pada awal tahun 2000-an, Search Engine Optimization (SEO) menjadi metode populer untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas situs web. Ini memerlukan pengoptimalan konten situs website, agar muncul lebih tinggi di halaman mesin pencari.

Saat ini, digital marketing sudah berkembang mencakup berbagai metode dan teknik, termasuk Search Engine Marketing (SEM), pemasaran media sosial, pemasaran email, pemasaran konten, dan lain-lain.

Manfaat Digital Marketing

1. Hemat Biaya

Digital marketing lebih hemat biaya dibandingkan strategi pemasaran biasanya. Misalnya, kampanye media sosial bisa dilakukan dengan biaya lebih kecil dari iklan televisi.

Hasilnya, perusahaan perintis dan startup dengan budget terbatas bisa mendapatkan keuntungan dari pemasaran digital.

2. Jangkauan lebih luas

Salah satu keuntungan paling besar dari digital marketing adalah, kemampuannya untuk menjangkau audiens yang lebih luas, dibandingkan strategi pemasaran konvensional.

Baca juga  Apa Tugas Direct Sales: Cek Contohnya Disini!
digital marketing adalah pemasaran di era modern
Source: Freepik

Bisnis bisa berjalan menggunakan internet dan media sosial untuk terhubung dengan individu di seluruh dunia, sehingga memperluas basis konsumen mereka. 

Hasilnya, hal ini bisa memberikan potensi bagi dunia usaha untuk berekspansi dan memasuki pasar baru yang mungkin belum bisa mereka akses sebelumnya.

3. Mengukur efektivitas

Digital marketing memungkinkan bisnis melacak dan mengukur dampak efektivitas mereka. Bisnis bisa menggunakan perangkat lunak analitik untuk melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs web mereka, berinteraksi dengan kontennya, dan akhirnya melakukan pembelian. 

Informasi ini kemudian bisa digunakan untuk meningkatkan upaya pemasaran di masa depan, sehingga menghasilkan kampanye yang lebih efektif dari waktu ke waktu. Digital marketing adalah informasi yang harus kamu pahami dengan detail.

4. Kampanye bertarget

Digital marketing memungkinkan bisnis merancang kampanye khusus, agar menjangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat.

Misalnya, sebuah perusahaan bisa membuat kampanye media sosial secara eksklusif, menargetkan mereka yang baru saja mengunjungi situs webnya. Bisnis kemudian bisa meningkatkan peluang konversi, sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan.

Strategi Digital Marketing

1. Riset dan analisis pasar

Riset dan analisis pasar memberikan wawasan tentang target audiens perusahaan, termasuk kebutuhan, preferensi, dan perilaku mereka.

Informasi ini memungkinkanmu merancang pemasaran yang lebih terfokus untuk audiens, sehingga meningkatkan peluang konversi.

2. Penetapan tujuan digital marketing

Hal ini menjadi penentu apa yang ingin dicapai perusahaan melalui aktivitas pemasaran digitalnya.

Hal ini bisa mencakup meningkatkan traffic situs web, menghasilkan prospek, atau meningkatkan penjualan. Sasaran yang jelas membantu memfokuskan upaya pemasaran digital dan melacak kesuksesan.

3. Segmentasi dan targeting

Segmentasi dan penargetan merupakan bagian penting dari rencana digital marketing.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Beriklan di Media Sosial

Bisnis bisa merancang iklan yang sangat dipersonalisasi dan berkomunikasi langsung dengan target konsumennya dengan mengelompokkannya berdasarkan ciri-ciri Demografis, Psikografis, atau perilaku.

4. Penentuan posisi dan nilai Proposisi 

Menentukan posisi dan nilai adalah komponen penting lainnya dari rencana digital marketing. Kamu bisa mempelajari perbedaan suatu perusahaan dari pesaingnya dan nilai berbeda apa yang diberikan kepada kliennya.

Bisnis bisa menggunakan informasi ini untuk mengembangkan pesan yang membedakan mereka dari pesaingnya. Pastikan kamu memahami definisi dari digital marketing adalah secara menyeluruh, ya!

5. Membuat Rencana Pemasaran Digital

Ini menjelaskan metode dan saluran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Hal ini bisa dicapai dengan mengembangkan konten, memantau akun media sosial, mengirimkan kampanye email, dan mengoptimalkan hasil mesin pencari. 

Bagaimana sudah paham mengenai digital marketing adalah, manfaat, dan strateginya? Cek juga informasi mengenai marketing lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go