jenis media pemasaran digital

Jenis media pemasaran digital memang beragam, mulai dari media cetak, content marketing, email marketing dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Jenis media marketing berkembang seiring berjalannya waktu. Pemasaran dulunya terbatas pada media cetak dan elektronik saja, namun sekarang hal ini bisa dilakukan melalui internet.

Seiring berkembangnya media marketing, professional marketer harus mampu beradaptasi dan menggunakan berbagai saluran pemasaran untuk menjangkau masyarakat. Memilih saluran pemasaran yang tepat dan terhubung dengan tujuan menciptakan peluang tambahan untuk meningkatkan brand awareness dan konversi.

5 Jenis Media Pemasaran Digital

Secara umum, ada dua jenis media pemasaran digital yaitu versi tradisional dan media baru. Pemasaran media baru berfokus pada promosi melalui sarana internet seperti iklan bergambar, content marketing, dan promosi melalui media sosial.

jenis media pemasaran digital
Source: Freepik

Sementara itu, pemasaran tradisional memerlukan penggunaan media klasik seperti radio, televisi, dan media cetak (majalah). Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Social Media Marketing

Jenis media pemasaran digital memerlukan promosi di situs-situs seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube. Sosial media marketing memungkinkan audiens berinteraksi dengan iklan dan promosi langsung di situs, seperti menyukai, berkomentar, atau berbagi konten yang diunggah.

Penggunaan media sosial untuk kegiatan promosi dianggap hemat biaya dan mampu menjangkau target audiens, sehingga meningkatkan brand awareness dan konversi. Meski begitu, sosial media marketing sangat kompetitif. Marketer harus menganalisis strategi konten dari para kompetitor.

2. Email Marketing

Email marketing adalah jenis media pemasaran digital lainnya. Pemasaran semacam ini melibatkan penyampaian pesan promosi dan buletin ke email konsumen. Metode ini berupaya meningkatkan penjualan, meningkatkan hubungan dengan konsumen, dan menumbuhkan loyalitas.

Baca juga  Email Marketing dan Keuntungannya: Coba Sekarang!

Manfaat yang didapat yaitu kamu bisa custom, biaya lebih terjangkau, dan campaign bisa diukur dengan open rate atau metrik lainnya. Namun, sebelum mengirimkan materi promosi, kamu harus membuat daftar email terlebih dahulu. Ini mungkin memerlukan waktu, dan tidak semua pelanggan tertarik untuk menuliskan surelnya.

3. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu jenis media pemasaran digital lainnya. Proses pemasaran yaitu dengan membuat konten dalam bentuk video atau teks. File-file tersebut kemudian diunggah ke berbagai platform dan situs web. Content marketing menekankan pentingnya konten dalam bentuk gambar, materi, subjek, narasi, dan relevansi.

Secara umum, semakin relevan suatu informasi dengan kehidupan audiens, maka semakin besar kemungkinannya untuk disukai, dikomentari, dan dibagikan. Dengan menggabungkan konten yang menarik, target pelanggan mungkin tidak menyadari bahwa unggahan tersebut merupakan sebuah promosi.

Ini adalah cara baru untuk menawarkan produk atau layanan kepada mereka yang menghindari iklan televisi, media sosial, dan email marketing.

4. Search Engine Marketing

SEM menggunakan mesin pencari untuk mempromosikan layanan dan produk. Memilih jenis media pemasaran digital ini, kamu harus membayar agar iklan muncul di bagian atas hasil pencarian. Misalnya seseorang sedang mencari fotografi pernikahan di internet, nantinya hasil teratas adalah jasa milikmu.

SEO adalah jenis strategi digital lain yang dapat kamu terapkan. Kamu hanya perlu memastikan konten di website dan media sosial ramah dengan mesin pencari.

5. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang paling efektif. Hal ini karena tokoh publik memiliki banyak pengikut yang dapat kamu manfaatkan. Influencer mencakup artis, selebritas, menteri, dan siapa pun yang memiliki banyak pengikut dan pengaruh di media sosial. Nantinya, mereka akan memasarkan produk terkait.

Baca juga  Cara Memasang Iklan Tiktok, Dijamin Untung!

Kolaborasi dengan influencer sering kali mencakup pembuatan konten video, melakukan wawancara acara, mengunggah gambar, atau memberikan testimoni produk. Keunggulan dari marketing ini adalah meningkatkan reputasi dan pengakuan merek, serta tak menutup kemungkinan berpengaruh pada sales.

Nah, itu dia beberapa jenis media pemasaran digital masa kini yang bisa kamu coba, jangan lupa baca informasi marketing lainnya disini agar lebih lengkap, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go