Manfaat referral memang cukup banyak, mulai dari meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, meningkatkan loyalitas pelanggan dan masih banyak lagi.
Referral adalah metode pemasaran dari mulut ke mulut yang mendorong pelanggan untuk mempromosikan suatu produk kepada orang lain. Pelanggan akan menerima komisi (reward) dari program ini, yang dapat berupa diskon atau produk gratis.
Tujuan utama program referral adalah mendorong pelanggan menjadi pendukung merek. Mereka nantinya akan mengikuti kampanye dan menerima tautan atau kode unik untuk dibagikan kepada orang lain.
Nantinya konsumen tersebut akan mendapatkan insentif atau reward ketika penerima referral membeli produk menggunakan link atau kode tersebut. Salah satu contohnya adalah program “Refer a Friend” dari Casper, yang memberikan kartu hadiah Amazon senilai $10 saat teman pembeli referral membeli kasur untuk pertama kalinya.
Prosedur ini mungkin sulit dilacak karena setiap anggota memiliki kode atau tautan unik. Oleh karena itu, sejumlah perusahaan menggunakan software khusus untuk mengotomatisasi prosesnya. Mulai dari pembuatan tautan hingga pengiriman reward, semua dilakukan secara otomatis.
Apa Manfaat Referral?
Strategi digital dari mulut ke mulut memang memerlukan investasi yang signifikan, seperti pembelian software khusus dan memberikan imbalan sebagai insentif konsumen.
Namun cara ini layak untuk dilakukan karena menawarkan banyak keuntungan. Beberapa manfaat referral antara lain:
1. Menaikkan Angka Penjualan
Lebih dari 90% pembeli mempercayai rekomendasi dari keluarga dan teman. Mereka pun rela membayar 200 persen lebih mahal dibandingkan pembelian pada umumnya. Hasilnya, program ini akan sangat sukses karena dianggap “terpercaya” berkat rekomendasi dari orang-orang terdekat.
2. Membangun Brand Awareness
Manfaat referral selanjutnya adalah membangun brand awareness. Jumlah anggota program yang aktif menunjukkan bahwa jumlah individu yang membicarakan merek tersebut semakin bertambah.
3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Melalui program ini, merek dapat memberikan penghargaan kepada konsumen setia sekaligus menarik pelanggan baru. Selain itu, hubungan antara merek dan pelanggan akan semakin erat. Apalagi calon konsumen dari program ini memiliki nilai loyalitas lebih tinggi dibandingkan dengan saluran marketing lainnya.
4. Mengurangi Biaya Pencarian Pelanggan
Manfaat referral selanjutnya adalah mengurangi biaya pencarian pelanggan. Sekitar 54% marketer setuju bahwa biaya referral lebih murah per prospek dibandingkan platform lain. Perusahaan memberikan insentif untuk mendorong konsumen berinteraksi dengan sebanyak mungkin calon pelanggan.
5. Menargetkan Audiens yang Lebih Tepat
Manfaat referral selanjutnya bisa menjangkau audiens yang lebih spesifik dengan mengandalkan pelanggan yang sudah ada untuk menyarankan teman, keluarga, atau kolega mereka. Dengan demikian, orang yang dirujuk mungkin tertarik pada produk atau layanan yang sama dengan orang yang merekomendasikannya.
6. Mendapatkan Pelanggan yang Berkualitas
Ketika konsumen merekomendasikan suatu layanan atau produk kepada orang lain, mereka secara efektif menegaskan keunggulan bisnis tersebut. Hal ini menyebabkan konsumen yang direkomendasikan memercayai perusahaan dan menjadi pelanggan setia.
7. Mengukur Kepuasan Pelanggan
Manfaat referral juga dapat digunakan untuk memantau kepuasan pelanggan. Pelanggan cenderung merekomendasikan suatu produk atau layanan jika mereka yakin produk atau layanan tersebut cocok untuk mereka.
Hasilnya, dengan memantau jumlah rekomendasi yang masuk, marketer bisa menilai kepuasan pelanggan dan menemukan area untuk perbaikan.
8. Memperluas Pangsa Pasar
Manfaat yang terakhir, dapat membantu bisnis memperluas jangkauan pasar mereka dengan memanfaatkan basis konsumen yang ada. Strategi ini berguna untuk mendapatkan konsumen baru yang belum pernah mendengar perusahaan tersebut.
Nah, itu dia beberapa manfaat referral bagi bisnis online, kamu juga bisa membaca informasi marketing lainnya disini untuk memaksimalkan potensi bisnis yang ada, semoga membantu.
Leave a Reply