sosial media marketing

Sosial media marketing pada masa modern membawa dampak besar pada pemasaran, pahami langkah strateginya dibawah ini!

Sosial Media Marketing adalah salah satu dari banyak metode pemasaran yang sekarang umum digunakan. Sederhananya, marketing jenis ini melibatkan penggunaan media sosial dalam proses pemasarannya.

Saat ini, banyak bisnis menggunakan marketing media sosial. Marketing semacam ini lebih efisien dibandingkan strategi marketing konvensional. Nah, pada ulasan kali ini kami akan membahas apa itu sosial media marketing. 

Selain itu, kami akan jelaskan berbagai strategi marketing media sosial yang perlu kamu ketahui, simak terus!

Apa Itu Sosial Media Marketing?

Sederhananya, sosial media marketing adalah jenis pemasaran yang dilakukan via platform media sosial. Facebook, Instagram, dan Twitter adalah platform jejaring sosial yang umum digunakan.

Namun, konotasinya mungkin luas. Menurut Hubspot, social media marketing adalah proses pembuatan konten. Hal ini pada akhirnya akan menarik perhatian banyak orang. 

Sedangkan menurut Neil Patel, marketing media sosial adalah proses menarik perhatian masyarakat dan melibatkan mereka dengan konten yang diberikan. Apabila sudah terikat, kemungkinan konten dibagikan meningkat secara signifikan.

Kenapa Marketing Media Sosial Penting?

1. Mempelajari kompetitor

Sosial media marketing memudahkanmu untuk mempelajari kompetitor. Perusahaan semakin banyak menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya.

2. Dapatkan feedback produk dan strategi marketing

Ini adalah tahapan yang lebih maju dari sosial media marketing. Begitu keberadaannya diakui, suatu produk akan mulai diperbincangkan. 

Baca juga  Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif dan Sukses

Kamu bisa mengamati bagaimana klien berinteraksi dengan konten di media sosial. Misalnya saja dengan cara like atau follow akun-mu.  Selain itu, media sosial menyediakan fitur komentar. 

Hal ini memungkinkan masyarakat umum untuk memberikan masukan terhadap produk yang kamu tawarkan atau cara memasarkannya.

3. Mampu meningkatkan Brand Awareness

Ketika suatu produk rutin diunggah ke media sosial, kehadirannya semakin dikenal luas. Sebab, lambat laun masyarakat akan mulai menaruh perhatian.

Orang mungkin awalnya hanya fokus pada produk atau layanan yang kamu tawarkan. Namun jika konsisten dibagikan ke media sosial, maka audiens mulai mengenali dan mengingat produk kamu.

Bagaimana Strategi Marketing Sosial Media?

strategi sosial media marketing
Source: Freepik

Secara umum, ada berbagai strategi yang bisa kamu gunakan, yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Pelajari selera audiens

Pertama, lihat selera klien atau audiens target mu. Selera audiens bisa digunakan untuk menilai kecocokan produk yang sedang dikembangkan.

Selain itu, memetakan selera audiens memungkinkanmu memilih konten menarik apa yang akan dibuat untuk sosial media. Semakin cocok selera audiens dengan konten yang disajikan, semakin tinggi engagementnya.

2. Tentukan platform yang ingin di targetkan

Selanjutnya, tentukan di platform mana produk akan ditawarkan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap platform menawarkan fitur menarik. 

Hal ini akan berdampak pada bagaimana konten produk yang dijual tersajikan.

3. Hasilkan konten yang menarik

Konten yang menarik akan menghasilkan lebih banyak engagement dan sharing. Masyarakat mungkin akan tergerak untuk membeli atau menggunakan produk yang dipasarkan jika kontennya menarik.

Untuk menghasilkan konten yang menarik, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Tentukan konten apa yang paling dibutuhkan dan disukai audiens target mu.

Misalnya, jika audiens target mu menyukai konten video, mungkin kamu harus fokus untuk mengembangkan video yang menarik.

Baca juga  7 Cara Membuat Iklan yang Menarik, Anti Skip!

4. Jadwalkan waktu posting

Tentukan waktu optimal untuk menjual produk dengan memantau kapan orang-orang beraktivitas di media sosial.

Misalnya, posting konten saat di jam istirahat atau pulang kerja. Orang-orang banyak menggunakan media sosial saat itu. Jangan mengunggah setelah jam 9 malam keatas. 

Orang-orang mungkin sudah istirahat pada saat itu, sehingga mereka tidak langsung melihat konten yang kamu unggah atau bahkan melewatkannya.

5. Jangan lupa selalu evaluasi

Media sosial akan memberikan data akurat tentang tingkat keberhasilan marketing yang kamu jalankan. Informasi ini bisa digunakan untuk meningkatkan strategi Sosial Media Marketing di masa depan.

Selain dan engagement dan sharing, ada faktor lain yang bisa digunakan untuk menilai kinerja Sosial Media Marketing, contohnya followers, jumlah orang yang menonton konten, dan berapa kali konten tersebut diposting ulang. Yuk baca seputar informasi Marketing lainnya disini.

Bagaimana sudah paham mengenai Sosial Media Marketing, manfaat, dan strateginya? Kamu juga bisa terapkan teknik diatas pada bisnismu, semoga berhasil, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quote of the week

“Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.”

~ Mary Kay Ash

Designed with MLM Go